Menu
+6281265710786
admin@freencoolteknik.com
Medan Tembung
HVAC, Mechanical & Electrical Contractor

AC Kotor Bisa Menyebabkan Flu ?

Bisa, apabila kipas angin atau AC jarang di bersihkan. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti virus influenza. Penyebab utama flu adalah paparan kepada virus yang menyebar melalui kontak dengan individu yang terinfeksi atau melalui tetesan udara yang mengandung virus ketika orang yang sakit batuk atau bersin.

AC atau kipas angin hanya mengatur suhu ruangan dan sirkulasi udara, dan mereka tidak dapat menghasilkan virus atau menyebabkan penyakit seperti flu. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat terkait AC:

  1. AC dapat mengeringkan udara: AC yang diatur terlalu dingin atau terlalu kering dapat membuat saluran pernapasan Anda menjadi kering. Ini mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi virus, termasuk virus flu. Namun, ini tidak berarti AC itu sendiri menyebabkan flu.

  2. Penyebaran virus dalam ruangan: Jika ada orang yang terinfeksi virus flu di ruangan yang sama dengan Anda, AC dapat membantu menyebarkan virus melalui sirkulasi udara. Namun, ini hanya terjadi jika ada orang yang sudah terinfeksi di dekat Anda.

Untuk mengurangi risiko tertular flu, yang terbaik adalah menjaga kebersihan tangan, hindari kontak dengan orang yang sakit, dan vaksinasi influenza adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit ini. AC atau kipas angin sendiri tidak menjadi penyebab flu.