Menu
+6281265710786
admin@freencoolteknik.com
Medan Tembung
HVAC, Mechanical & Electrical Contractor

Kenali 5 Tanda - Tanda AC Dirumah Kamu Harus Di Service

Untuk mengetahui gejala ac kamu harus di service, 5 hal  ini dapat membantu anda melakukan penanganan lebih cepat sebelum terlambat.

  1. AC mengeluarkan suara bising 
    Ketika kamu menyalakan AC ruangan kemudian mendengar suara berisik dari AC kamu, itu berarti ada masalah yang terjadi. Hal ini mungkin terjadi karena bagian yang tidak berada pada tempatnya. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam sehingga kamu sebaiknya tidak melakukan pembenahan AC sendiri. Masalah ini bisa dikategorikan cukup serius sehingga perlu memanggil teknisi AC professional untuk memperbaikinya. Jika dibiarkan, suara bising dapat sangat menggangu dan bahkan menyebabkan AC mengalami kerusakan permanen.
  2. AC mengeluarkan hawa yang hangat
    Waspada jika AC tak mengeluarkan udara yang dingin dan sejuk, malah mengeluarkan hawa hangat. Segera kontak teknisi AC jika hal tersebut terjadi. Mungkin ada komponen yang harus diganti atau diperbaiki, atau mungkin kamu harus menggantinya dengan AC yang baru.    
  3. AC mengeluarkan bau yang tidak sedap
    Jika AC mengeluarkan bau yang tak sedap, maka ada sesuatu yang terjadi di dalam komponen AC. Hal ini seperti unit kabel yang terbakar, akan membuat AC mengeluarkan bau yang menyengat.Jika baunya seperti bau tengik, maka ada kemungkinan ada jamur di dalam saluran udara maupun komponennya, sehingga AC rumah harus diservis dan dibersihkan. Jika terlalu lama dibiarkan, maka AC yang mengeluarkan bau tak sedap ini justru bisa menimbulkan penyakit bagi keluarga di rumah. Anak-anak menjadi yang paling rentan mudah sakit karena AC yang kotor akan jamur.
  4. AC mengalami kebocoran 
    Pendingin ruangan yang bocor tentu sangat menggangu. Namun kamu juga perlu tahu jika pendingin ruangan yang mengeluarkan air terus-menerus menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada AC anda. Kebocoran AC biasanya terjadi karena adanya pipa yang rusak atau bagian dalam AC yang tidak berfungsi sehingga air yang seharusnya menjadi udara malah keluar dan bocor ke dalam ruangan. Tentu bila anda biarkan begini terus, AC anda bisa rusak lebih parah lagi. Segera perbaiki kebocoran AC dengan memanggil jasa service AC yang anda percaya.
  5. Tagihan listrik mebengkak
    Jika tiba-tiba tagihan listrik membengkak padahal tak ada perabot elektronik dengan watt yang besar, maka perlu waspada. Tagihan listrik yang tiba-tiba naik ini bisa disebabkan karena AC rumah. Ada kemungkinan kerusakan terjadi seperti kebocoran di saluran AC. Hal ini tentu membuat daya listrik yang digunakan menjadi lebih boros. Tak hanya itu, kerusakan thermostat atau usia AC yang sudah terlalu lama juga memiliki andil dalam hal ini.

Sumber : Berbagai Artikel