Menu
+6281265710786
Medan Tembung
HVAC, Mechanical & Electrical Contractor

Remote Ac Dirumah Tidak Berfungsi ? Ini Penyebabnya ....

Penyebab AC tidak berfungsi dengan baik 

  1. Baterai remote AC habis
    Saat daya baterainya habis, maka remote AC tidak akan pernah bisa digunakan. Ciri baterai yang sudah habis adalah, layar pada remote AC mulai meredup atau tidak menunjukkan gambar seperti biasa. Jadi apabila remote AC tidak bisa berfungsi atau AC tidak bisa dioperasikan dengan remote, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa baterainya.
  2. Remote AC rusak
    Apabila kamu telah mengganti baterai dan remote AC tetap tidak berfungsi, maka itu bisa menjadi pertanda kalau telah terjadi kerusakan pada remote AC. Jika lampu LED tidak menyala setelah diganti baterai, maka remote AC sudah dalam keadaan rusak.   Namun, apabila lampu led menyala tetapi tetap tidak berfungsi, penyebabnya adalah komunikasi nirkabel inframerah tidak dapat menerima data antara remote control dengan sensor AC. Kegagalan fungsi inframerah yang tidak bisa menerima maupun mengirim data dapat diakibatkan kerusakan pada perangkat AC yang kamu miliki. Saat hal ini terjadi, solusinya kamu harus membeli remote AC yang baru. Pastikan remote AC yang kamu beli itu original untuk menjauhkan dari masalah lainnya. Jika remote AC yang kamu miliki sulit ditemui karena tidak lagi diproduksi, kamu bisa-bisa saja menggunakan remote AC universal yang bisa digunakan pada seluruh AC. Namun kamu mungkin tidak bisa lagi mendapatkan fitur yang ada pada AC milikmu, karena remote universal biasanya hanya bisa menyalakan dan mematikan AC sekaligus mengatur suhunya saja.
  3. Sensor AC bermasalah atau rusak
    Penyebab sensor AC yang rusak bisa disebabkan beberapa hal, yakni karena sensor terkena air di saat penyemprotan ke evaporator atau terkena tetesan air ketika melakukan pendinginan. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan membersihkan air pada sensor menggunakan hair dryer agar cepat kering atau dengan cara dijemur. Kerusakan sensor AC berikutnya juga bisa disebabkan oleh usia atau lama pemakaian, cara untuk mengetahuai sensor AC rusak atau tidak yaitu harus diukur menggunakan multitester. Masalah sensor AC lainnya adalah socket sensor yang kendor. Walaupun socket sebenarnya tergolong kuat, kadang karena lamanya pemakaian bisa membuatnya kendor atau longgar. Salain itu, adanya kotoran seperti debu atau partikel yang lain di dalam socket juga mengakibatkan sensor kurang responsive.
  4. PCB modul error
    PCB modul adalah komponen utama yang berfungsi untuk mengontrol semua proses pendinginan yang terjadi pada sebuah AC, termasuk mematikan dan menyalakan AC menggunakan remote.   Jika terjadi error pada modul ini, maka masalah AC yang tidak bisa diremote juga bisa terjadi. Penyebab PCB modul error pun beragam, bisa akibat terkena tegangan tinggi atau rendah (voltase listrik tidak stabil), terdapat komponen yang terbakar, juga tidak menutup kemungkinan terdapat kabel yang acak-acakan yang disebabkan korsleting atau digigit tikus.
  5. Thermistor bermasalah
    Masalah satu ini jarang, tapi bukan tidak mungkin. Thermistor yang bermasalah juga bisa membuat AC tak bisa dinyalakan ataupun dimatikan dengan remote AC. Thermistor memiliki fungsi sebagai otomatis pengatur suhu ruangan pada mesin pendingin udara. Pada AC tertentu, thermistor yang rusak ditandai dengan lampu timer yanf kedip-kedip atau juga menimbulkan bunyi.
  6. IC control rusak
    IC control rusak bisa mengakibatkan AC tidak bisa diremote. Apabila kerusakan IC control terjadi, kamu harus menyerahkan masalah ini pada teknisi AC.

Sumber : Kompas